Cari Blog Ini

Kamis, 18 Maret 2010

"Kenaikan HET Pupuk, dampak negatif atau positifkah?"

Beratkah pemerintah mensubsidi rakyatnya?

Sebenarnya, subsidi itu tidak akan memberatkan pemerintah jika subsidi itu jatuh kepada tangan yang tepat pada kondisi yang tepat.

Permasalahannya adalah, ketika subsidi itu jatuh di tangan yang tidak tepat, subsidi-subsidi tersebut tidak akan ada gunanya sama sekali. Pemerintah sudah susah payah mengeluarkan subsidi, tetapi dampak positif yang seharusnya didapat malah tidak ada dampaknya sama sekali. Yang ada malah kerugian.

Beginilah kondisi yang ada saat ini terkait dengan kondisi kenaikan harga untuk pupuk jenis anorganik. Pupuk yang bersubsidi itu belakangan telah diketahui memiliki penyimpangan-penyimpangan dalam penggunaannya. Kenaikan harga eceran tertinggi (HET) pupuk ini mendapat tanggapan beragam, mulai dari para ahli, hingga petani itu sendiri.

Selain itu, biaya distribusi yakni ongkos angkut dan bongkar muat juga meningkat. Usulan pemerintah menganai kenaikan HET pupuk atas kebijakan tersebut akan membawa dampak terhadap penurunan kesejahteraan petani karena menambah beban biaya produksi. "Oleh karena itu jika pemerintah harus menaikkan HET maka kenaikan tersebut jangan lebih dari 10% selain itu ketersediaannya juga harus terjamin di tingkat petan."


ISPC Sektor Pertanian
Kementrian Kebijakan Pertanian
Badan Eksekutif Mahasiswa IPB
2010
publikasi talkshow, click :

http://www.facebook.com/note.php?note_id=339538379951#!/photo.php?pid=30986931&id=1479621841

Tidak ada komentar:

Posting Komentar